UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BAGI GURU SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 14/II PASAR RANTAU EMBACANG

Heni Pudyastuti

Sari


This study purfose to see how efforts to improve the ability of learning activities through academic supervision of six teachers of Public Elementary School No. 14 / II Rantau Embacang Market, Tanah Sepenggal District. This research is a field research that applies a qualitative descriptive approach. The procedures in this study are carried out in the form of four stages: planning, action, observation and reflection. The results showed that there was an increase in teacher behavior from cycle 1 to cycle 2. Furthermore, the results of the study showed an increase in evaluation through the APKG cycle 1 instrument with a value of 3, 33 (three point thirty three) to 3.56 (three point fifty six) in cycle 2.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD

Referensi


Abdul Kholik, (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Supervisi Pendidikan Islam terhadap Kinerja Pengawas untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut, Garut, Jawa Barat

Brookfield, S.D (1990): The Skillfull Teacher; On Technique, Trust, and Respovonsiveness in the Classroom. San Fransisco; Josse-Bass

Dewi Novrita, 2014. Maksimalisasi Peran Pengawas Sekolah Menengah Atas Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI Studi Kasus Pada Kementerian Agama di Kota Jayapura, Papua. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Al Fatah Jayapura, Papua

Diaz, W. 2015. Kontribusi Partisipasi Guru Dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Intensitas Supervisi Akademik Oleh Pengawas Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kotagede Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Yogyakarta).

Hadi Fatkhurokhim, (2016). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 33 Tahun ke-5. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Hamzah. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jasmani asf dan Syaiful Mustofa. (2013). Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru

dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Graha ilmu.

Maralih, (2014). Peranan Supervisi Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. JURNAL QATHRUNÂ Vol. 1 No.1

Mantja, W. (2007). Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran. Malang: Elang Mas

Martamis Yamin dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Pupuh Fathurrohman dan Aa Suryana. (2011). Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Silmi Kaffah, (2014). Pelaksanaan supervisi akademik dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs NU 06 Sunan Abinawa Pengandon, Kendal, Jawa Tengah. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Slameto, (2016). Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan, FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta BP3SD, Dirjen Dikti, Depdikbud

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nom or 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.0907/medusa.v4i1.345

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================

MAT-EDUKASIA Jurnal Pendidikan Matematika | All Rights Reserverd. p-ISSN: 2302-870X | e-ISSN: 2656-5552
Copyright © Program Studi Pendidikan Matematika (PSPMAT)| STKIP YPM Bangko

============================================================================================================

SINTA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.