EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CO-OP-CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

Ade Susanti, Suci Nadia Sari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Co-o-Co-op ditinjau dari minat belajar tinggi, sedang, dan rendah lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×3. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian kemampuan komunikasi matematis dan angket minat belajar siswa. Analisis data menggunakan uji-t.  berdasarkan hasil analisis diperoleh bahawa kemampuan komunikasi matematis yang diajarkan dengan model pembelajaran  kooperatif tipe Co-o-Co-op lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Jika ditnjau dari minat belajar siswa, kemampuan komunikasi matematis siswa dengan minat belajar sedang di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Sedangkan untuk minat belajr tinggi dan rendah baik di kelas eksperimen dan kelas kontrol kemampuan komunikasi matematis tidak sebih baik atau sama   untuk analisis data interaksi, diperoleh bahwa terdapat interaksi antara minat belajar siswa dan model pembelajaran dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD

Referensi


Ruseffendi, Maya, R., Kurniawan, R., & Hamidah. (2014). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ProgramPasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung, 1, 1–429.

Uno, H. B. (2012). MODEL PEMBELAJARAN; Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. (F. Yustianti, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/4106.html, diunduh 03 Januari 2018)

Musdika, D. (2013). Guru Profesi (Revisi II). Jakarta: Gramedia.

Negoro, S. (2013). Kemampuan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto. (2011). Mendesain Pembelajaran yang Inovatif Untuk

Mencapai Tujuan Pendidikan (Revisi). Jakarta: Pustaka Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.0907/medusa.v4i1.340

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================

MAT-EDUKASIA Jurnal Pendidikan Matematika | All Rights Reserverd. p-ISSN: 2302-870X | e-ISSN: 2656-5552
Copyright © Program Studi Pendidikan Matematika (PSPMAT)| STKIP YPM Bangko

============================================================================================================

SINTA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.