PENGARUH SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 3 MERANGIN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Andriyanto Andriyanto

Sari


Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan sikap belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Merangin Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan metode kuantitatif korelasional. Metode kuantitatif korelasional digunakan karena penelitian ini berusaha untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara sikap belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Merangin Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Merangin Tahun Pelajaran 2017/2018. sikap belajar memiliki hubungan sebesar 0,727 terhadap hasil belajar mata pelajaran biologi siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Merangin Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan uji signifikansi diperoleh nilai t_(hitung=)  5,459 dan dengan mengambil α = 0,05 dan n = 48 uji satu pihak maka : dk = n – 2, 48 – 2 = 46 sehingga nilai t_(tabel=) = 2,0129, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap belajar terhadap hasil belajar siswa Biologi siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Merangin Tahun Pelajaran 2017/2018. Sedangkan hasil perhitungan Koefisien Determinan (KP) adalah 39,313 %. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 39,313 % hasil belajar dipengaruhi oleh sikap belajar  dan sisanya 60,6871% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, yang artinya signifikan dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap belajar dengan hasil belajar mata pelajaran biologi siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Merangin Tahun Pelajaran 2017/2018.


Teks Lengkap:

DOWNLOAD

Referensi


Anggara, Suparmoko. 2011. Inovasi Pembelajaran Berbasis Kemampuan. Jakarta. Perpustakaan Media Project.

Anurahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahri Djamarah Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dayang Gusnanda Syahaidah. 2008. Pengaruh Sikap dan Prilaku dalam Pembelajaran IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP islamiyah Pontianak Skripsi.Pontianak: FKIP UNTAN.

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Gerungan W. A. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT. Eresco.

Hamalik Oemar. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Irianto Agus. 2004. Statistik. Jakarta. Prenadamedia Group

Iskandar Martinus Yamin. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial Kuantitatif dan Kualitatif. GP Pres

Mujiono, Dimyanti. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka cipta

Purwanto, Ngalim. 2010. Psikolog pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.0907/medusa.v4i1.332

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


============================================================================================================

MAT-EDUKASIA Jurnal Pendidikan Matematika | All Rights Reserverd. p-ISSN: 2302-870X | e-ISSN: 2656-5552
Copyright © Program Studi Pendidikan Matematika (PSPMAT)| STKIP YPM Bangko

============================================================================================================

SINTA
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.